Mei 18, 2020

BAGIAN-BAGIAN PENTING YANG HARUS ADA PADA SEBUAH KONSTRUKSI BANGUNAN

Artikel kali ini membahas tentang bagian-bagian atau item-item penting yang harus ada pada sebuah konstruksi bangunan.

Apa yang anda pikirkan jika mendengan kata konstruksi? Pasti anda langsung memikirkan sebuah bangunan megah, gedung bertingkat, rumah dan juga toko. Itu semua termasuk kepada suatu konstruksi bangunan yang utuh yang didukung oleh elemen-elemen pendukung yang membuat bangunan tersebut sempurna untuk digunakan. Tapi tahukah anda elemen-elemen apa saja yang penting untuk sebuah konstruksi bangunan?

Konstruksi adalah sebuah bangunan atau satuan infrastruktur pada suatu area tertentu. Konstruksi juga merupakan suatu kegiatan pembangunan sarana ataupun prasarana. Konstruksi bangunan identic dengan bidang arsitektur atau teknik sipil. Secara mudahnya, konstruksi merupakan kegiatan pembangunan secara vertical, vertical dalam arti hingga bangunan tersebut berdiri dan dapat digunakan.

Dalam hal ini, konstruksi dapat juga dikatakan tubuh sebuah bangunan yang sudah atau sedang didirikan. Bagian-bagian dari konstruksi suatu bangunan merupakan penyusun dari bangunan itu sendiri. Yang mana penyusun tersebut memiliki sifat, material, tujuan dan kebutuhan-kebutuhan dalam sebuah bangunan yang akan digunakan.

Pada dasarnya, ada pengelompokkan perihal konstruksi bangunan ini. Pengelompokkan tersebut berdasarkan fungsi-fungsinya pada suatu bangunan tertentu. Seperti atap, dinding, ventilasi dan struktur baja. Namun jika ingin dikelompokkan lagi, atap dinding dan ventilasi bangunan merupakan bagian dari pekerjaan arsitektur. Itu semua termasuk pada kategori konstruksi bagian atas yang berfungsi mendukung konstruksi bangunan itu sendiri. Sedangkan bagian bawah seperti fondasi dan lain sebagainya yang berfungsi untuk menopang beban yang dihasilkan dari luar maupun dari bangunan itu sendiri.

Kelompok-kelompok yang dibuat berdasarkan fungsinya pada suatu konstruksi bangunan itu tidak dapat dipisahkan. Anda tidak bisa memiliki hanya salah satu atau beberapa dari item tersebut. Jika ingin membangun konstruksi bangunan yang berkualitas dan berdiri kokoh, tentu saja anda harus memiliki semua item yang disebutkan.

Untuk lebih lengkapnya, item-item yang fundamental atau penting tersebut dapat dijelaskan pada poin-poin di bawah ini:

  • Fondasi



    Fondasi merupakan salah satu bagian, elemen atau item pada sebuah konstruksi bangunan yang paling mendasar. Fungsi dari fondasi ini tidak lain adalah menopang keseluruhan beban yang dihasilkan dari luar maupun dari bangunan itu sendiri. Seperti kata dasar dari fondasi itu sendiri, yaitu fundamental, maka membuat fondasi yang kuat dan kokoh untuk rumah anda merupakan hal yang melebihi dari hal penting, melainkan suatu hal yang fundamental.

    Fondasi itu sendiri memiliki 3 syarat yang harus dipenuhi, yaitu ditempatkan pada lahan atau area tanah yang tepat serta tanah area tersebut memiliki risiko longsor yang kecil, dan juga tidak rentan terhadap penurunan ketinggian tanah. Adapun bahan-bahan penyusun untuk menyusun fondasi antara lain; batu bata, batu kali atau beton.

    Baca juga: fondasi atau pondasi?

  • Balok Beton



    jika fungsi fondasi adalah untuk menopang beban bangunan dan meneruskannnya ke area tanah, maka balok beton berfungsi untuk meneruskan beban dari konstruksi bangunan tersebut kepada fondasi itu sendiri. Selain fungsi utama dari balok beton yang sudah disebutkan sebelumnya, bagian konstruksi bangunan ini juga dapat membantu dalam membangun dinding-dinding yang merupakan bagian dari pada pekerjaan arsitektur tersebut.

    Baca juga: JENIS-JENIS PEKERJAAN YANG DIKERJAKAN OLEH KONTRAKTOR BIDANG KONSTRUKSI BANGUNAN & INTERIOR

    Area tanah yang memiliki kemampuan berbeda dalam menopang beban bangunan yang diteruskan dari fondasi tersebut dapat membuat sebagian dari bangunan tersebut mengalami kemiringan yang disebabkan oleh penurunan tanah tersebut.

  • Balok Ring



    Konstruksi bangunan yang merupakan bagian dari pekerjaan structural dan berbahan baku beton ini terletak tepat di atas dinding-dinding yang ada. Fungsi utamanya adalah menstabilkan dan memastikan posisi dinding tetap berada pada alurnya. Sekaligus menguatkan bagian atas kolom dinding tersebut. Tujuan utamana adalah beban konstruksi bangunan tersebut dapat diteruskan ke fondasi dan fondasi meneruskan beban ke tanah.

  • Balok Latei



    Item dari konstruksi bangunan yang satu ini berada pada bagian dinding yang kosong, dinding yang kosong itu dimaksudkan untuk meletakkan pintu ataupun jendela. Balok Latei ini dapat mengurangi beban dari kusen jendela atau pintu dalam melakukan penyanggaan. Penyanggaan tersebut dilakukan agar kusen tidak berisiko rusak, melengkung ataupun patah meski ada beban dari luar bangunan tersebut.

  • Dinding



    Dinding merupakan bagian dari pekerjaan arsitektur. Dinding atau tembok adalah salah satu yang termasuk pada kelompok konstruksi bagian atas. Karena fungsi dinding adalah untuk memisahkan antara satu ruangan dan ruangan yang lainnya, serta dapat berguna menjadi partisi ruangan, maka dari itu dinding merupakan pekerjaan yang bersifat arsitektur yang dikerjakan pada pekerjaan konstruksi bangunan. Selain itu dinding juga dapat menahan beban dari konstruksi bangunan yang berada di atasnya.

    Hingga sekarang dinding masih sering menggunakan bahan baku bamboo, kayu dan dinding berbahan beton yang disebut dinding permanen. Jika bahan-bahan baku tersebut sekaligus digunakan untuk suatu konstruksi bangunan, maka dinding tersebut disebut dinding semi-permanen.

  • Ventilasi



    Ventilasi adalah bagian dari kosntruksi bangunan yang berfungsi untuk menjadi jalur sirkulasi atau keluar-masuknya udara dari luar yang bersih dan udara di dalam ruangan yang kotor. Sebenarna mengenai ventilasi ini kami sudah membahasnya pada artikel MANFAAT MEMILIKI JENDELA DI RUMAH. Meskipun ventilasi tidak hanya jendela, pintu dan lubang dinding atau apapun yang dapat menjadi tempat masuknya udara dari luar merupakan ventilasi.

    Letak, ukuran, bentuk dan model dari item konstruksi ini sangat berpengaruh pada kesehatan, kenyamanan, kemanan serta keindahan suatu konstruksi bangunan.

  • Kuda-Kuda



    Kuda-kuda pada konstruksi bangunan adalah item yang dapat berguna untuk memperkuat dan memperkokoh bagian-bagian atap yang dapat berupa reng, genting atau usuk. Pada umumnya, kuda-kuda menggunakan material kayu dan juga baja ringan.
    Baca juga: Mengenal Struktur Baja Untuk Bangunan Rumah

  • Atap



    Atap merupakan termasuk pada kelompok konstruksi bagian atas. Hal tersebut sudah jelas dikarenakan atap adalah bagian konstruksi banguann yang berada di paling atas sebuah konstruksi bangunan. Atap memiliki fungsi utama dari sebuah konstruksi bangunan dari cuaca dan juga gangguan-gangguan dari luar. Atap bangunan dapat menjamin keamanan, keleluasaan penghuni dengan analogi atap sebagai tutup botol yang dapat melindungi isi dari dalam botol tersebut.

Itulah bagian-bagian atau item-item konstruksi yang fundamental, yang harus ada pada tiap konstruksi bangunan. Pada dasarnya, semua bagian-bagian konstruksi memiliki tingkat yang teramat penting. Semua bagian-bagian yang penting itu dibuat untuk dapat memastikan kekuatan, ketahanan dan keamanan sebuah bangunan ketika digunakan.

MEIRIVE ADALAH PENYEDIA JASA KONSTRUKSI BANGUNAN TERKEMUKA DI JAKARTA

Meirive sudah menyediakan jasa konstruksi dan juga jasa pengadaan interior sejak tahun 2011. Hingga kini Meirive tetap bertahan dan semakin baik dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan konstruksi bangunan maupun interior. Konsumen yang tetap mempercayakan pembangunan rumah atau pengadaan interior kepada Meirive menjadi alasan Meirive untuk tetap bertahan hampir 10 tahun di industry konstruksi dan pengadaan interior.

, , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *