Juli 15, 2020

BATU ALAM SEBAGAI PENGHIAS PAGAR DINDING RUMAH

Source: Google Image

Artikel ini membahas tentang material batu alam yang digunakan untuk pagar dinding di rumah.

Design pagar dinding rumah pada saat ini dapat menggunakan beragam jenis material. Penggunaan material tersebut pun dapat menyesuaikan dengan gaya bangunan itu sendiri. Keragaman material untuk hiasan pagar dinding rumah pun dapat menggunakan material seperti kayu, bambu, batu dan material – material konstruksi lainnya. Pemilihan – pemilihan material untuk hiasan pagar dinding rumah juga dipilih berdasarkan beragam pertimbangan seperti meyesuaikan dengan warna atau gaya bangunan, preferensi pribadi dan juga dari segi keamanan.

Tetapi karena material batu alam untuk pagar dinding rumah sedang banyak diminati oleh berbagai kalangan. Hal ini dikarenakan pagar dinding dengan hiasan batu alam diharapkan dapat menciptakan gaya rumah masa kini yang terlihat elegan dan natural.

Batu alam juga merupakan material yang cukup sering digunakan di Indonesia karena Indonesia merupakan negara dengan cukup banyak gunung berapi. Maka dari itu, material batu alam ini sangat banyak dan mudah didapatkan di Indonesia.

Perlu juga diingat, batu alam terbagi menjadi dua karakteristik yang berbeda. Ada batu alam yang bersifat solid dan non solid. Batu alam dengan karakteristik solid tersebut memiliki fisik yang padat, kokoh, keras dan tidak mudah patah. Material batu alam ini juga tidak mudah menyerap air karena tidak memiliki pori – pori, terlebih batu alam solid tidak mudah berlumut. Batu andesit, pacitoroso dan lain – lain adalah contoh dari batu alam solid. Dengan karakteristik tersebut, maka batu alam solid lebih cocok untuk eksterior rumah. Sedangkan batu alam non solid memiliki karakteristik yang berlawanan dengan batu alam solid tadi, batu jenis ini lebih cocok digunakan untuk interior rumah.

Pagar dinding yang menggunakan batu alam dinilai lebih dapat menampilkan keindahan jika dibanding dengan acian atau semen, serta lebih efisien karena anda tidak perlu melakukan coating cat jika menggunakan batu alam sebagai hiasan pagar dinding rumah. Dari segi ketahanan, batu alam yang digunakan sebagai penghias pagar dinding juga dapat bertahan sekitar 10 sampai 20 tahun lamanya.

Dari banyaknya jenis batu alam yang sering digunakan untuk pagar dinding rumah membuat anda memiliki banyak pilihan. Berikut adalah ide – ide yang bisa diaplikasikan untuk pagar dinding rumah anda.

  • PAGAR DINDING BATU ANDESIT



    Batu alam yang bernama batu andesit ini terbentuk dari lelehan gunung berapi yang sudah membeku atau dapat biasa disebut batuan lava. Jika dilihat dari corak dan warnanya, terdapat dua jenis batu andesit, yaitu batu andesit polos dan andesit bintik hitam yang kemudian diberi sentuhan akhir menggunakan poles dof, poles kilap atau glossy dan finishing lain – lainnya. Batu andesit yang digunakan untuk hiasan pagar dinding adalah daya ketahanannya terhadap cuaca serta tekstur dan warna yang lembut yang tidak terlalu mencolok. Karena daya tahan terhadap cuaca tersebutlah batu andesit ini tidak memerlukan pengecatan berkala dengan sering. Batu alam andesit memiliki tampilan terlihat elegan, natural dan kokoh. Jika anda memiliki pagar dinding dan menggunakan batu alam andesit sebagai hiasannya, maka hal tersebut akan membuat tampilan rumah menjadi elegan dan natural.
  • KOMBINASI PAGAR DINDING BATU ALAM DENGAN KAYU



    Batu alam yang digunakan sebagai penghias pagar dinding akan terlihat lebih indah dan alami jika dikombinasikan dengan material kayu sebagai penghiasnya. Jika diperhatikan, memang warna kayu dan warna batu alam tidak terlihat cocok. Tetapi karena kedua material ini memiliki warna asli yang alami, maka jika dikombinasikan akan menghasilkan keindahan yang natural. Pagar dinding yang dihias dengan batu alam dan kayu akan menjadi kombinasi yang sempurna untuk rumah dengan gaya minimalis.
  • PAGAR DINDING BATU ALAM KEWAL



    Dari banyaknya keberagaman material untuk menghias pagar dinding yang estetis, batu alam kewal ini memiliki keunikan jika dibandingkan dengan batu alam lainnya. Permukaannya yang cenderung kasar dan tidak datar yang membuat material batu alam ini berbeda dengan material baru alam yang lainnya. Jika diperhatikan, dari segi pemasangannya, batu kewal sebagai penghias pagar dinding tidak ditata dengan teratur, karena bentuknya tersebut yang tidak rapi. Pada dasarnya, batu kewal sebenarnya adalah batu kali Lumajang. Harga batu alam satu ini memang ternilai mahal karena peredarannya yang termasuk sulit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, batu kewal akan lebih cantik jika diberikan finishing glossy atau natural coating. Pengaplikasian batu alam kewal untuk pagar dinding di rumah dengan tujuan memberikan kesan natural dan alami.
  • PAGAR DINDING BATU ALAM SABAK



    Jenis batu alam yang dapat digunakan sebagai material pagar batu alam adalah batu sabak. Batu alam ini memiliki karakteristik yang terlihat hampir sama dengan baru andesit. Batu alam sabak sering juga disebut batu alam lempeng. Batu alam sabak memiliki kelebihan dari pengaplikasianya yang jika disusun berlapis – lapis membuatnya mudah dibelah menjadi lempengan tipis – tipis untuk keperluan pembuatan pagar dinding yang dihias dengan batu alam sabak ini. Batu alam sabak umumnya berwarna abu – abu muda , hitam gelap kecoklatan. Karena warna yang dimiliki, batu sabak dapat menghasilkan pagar dinding yang cantik dan elegan. Perlu diingat, batu alam sabak juga menjadi batu alam yang terbaik dalam segi kekuatannya, dengan begitu kemanan rumah akan lebih terjaga.
  • KOMBINASI PAGAR DINDING BATU ALAM DENGAN METAL



    Pengkombinasian pagar dinding yang dihias dari menggunakan batu alam dan material metal akan menghasilkan pagar dinding yang minimalis serta tidak menghilangkan kesan natural dari penggunaan hiasan batu alam. Terlebih jika menggunakan metal dengan bentuk bar atau garis lurus akan memberikan nuansa klasik. Dengan material metal bergaris lurus maka akan ada celah – celah kosong. Celah kosong tersebut dapat dimanfaatkan dengan memberikan tanaman – tanaman hijau agar terlihat natural dan asri.

Itulah poin – poin penjelasan dari material batu alam yang digunakan sebagai penghias pagar dinding rumah. Jika memanfaatkan penggunaan batu alam sebagai penghias pagar dinding dinilai lebih efisien karena tidak memerlukan banyak cat untuk finishing sekaligus anda telah menerapkan gerakan Go Green karena menggunakan material organik.

MEIRIVE MENGGUNAKAN MATERIAL RAMAH LINGKUNGAN UNTUK SETIAP PRODUK – PRODUK YANG DIHASILKAN

Penggunaan material ramah lingkungan adalah prioritas untuk setiap produk – produk yang kami hasilkan. Bukan tanpa alasan, material ramah lingkungan merupakan bahan baku yang dihasilkan secara alami. Bahan baku yang alami akan menghasilkan barang jadi yang juga berkualitas serta lebih tahan lama. Jika dibuat oleh pengrajin dan serta diawasi dengan tenaga professional, produk tersebut akan akan terjamin kualitas dan tahan lama. Walaupun kami menyarankan customer kami untuk kustomisasi furniture menggunakan bahan baku ramah lingkungan, tetapi kami tidak menutup diri untuk menggunakan material apapun demi memuaskan customer yang menggunakan jasa Meirive untuk furniture, interior, konstruksi dan lain – lain sebagainya.

, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *