Februari 27, 2020

JENIS-JENIS PEKERJAAN YANG DIKERJAKAN OLEH KONTRAKTOR BIDANG KONSTRUKSI BANGUNAN & INTERIOR

source: Google Image

Artikel kali ini membahas mengenai jenis-jenis pekerjaan yang dikerjakan oleh kontraktor di bidang konstruksi bangunan dan interior.

Perlu diingat, jika membahas kontraktor, berarti kontraktor tersebut akan mengerjakan jenis pekerjaan yang disepakati sesuai kontrak kerja. Untuk orang awam mungkin hanya mengetahui suatu kontraktor yang menyediakan jasa konstruksi dan interior itu langsung menggarap lahan bangunan dari nol hingga bangunan berdiri. Mungkin banyak yang masih bingung mengenai; Apa saja sih pekerjaan yang dikerjakan oleh kontraktor? Apa hanya mengkonstruksi bangunan saja? Jika memang hanya mengkonstruksi bangunan, maka bagaimana instalasi listrik pada bangunan tersebut? Apakah design interior bangunan tersebut dikerjakan oleh kontraktor yang sama? Lalu, apa saja yang tidak dikerjakan oleh kontraktor dalam melaksanakan pekerjaan konstruksi dan interior? Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat termasuk pada kategori FAQ (Frequently Asked Question). FAQ tersebut mungkin tidak banyak dijelaskan oleh kontraktor-kontraktor yang anda ketahui.

Kontraktor penyedia jasa konstruksi melayani pembangunan konstruksi untuk sebuah bangunan ataupun pembangunan infrastruktur skala besar. Ya, pekerjaan konstruksi memang terbagi menjadi dua, ada pekerjaan konstruksi bangunan, yang mana pekerjaan konstruksi bangunan mengeksekusi rancangan atau design arsitektur, tapi tahapan-tahapan pembangunan konstruksi akan dibahas lebih detail pada artikel khusus.

Tahap awal mengerjakan pekerjaan konstruksi dan interior seharusnya dibuat dulu design atau rancangan arsitektur suatu bangunan tersebut. Design tersebut dibuat berbentuk gambar 3D

Selanjutnya adalah pekerjaan konstruksi yang mengeksekusi rancangan arsitektur lanskap. Rancangan arsitektur lanskap adalah rancangan arsitektur yang berskala lebih besar. Biasanya rancangan tersebut meliputi infrastruktur, tata kota, pembangunan jalan, taman kota dan lain sebagainya. Tahapan eksekusinya hampir sama. Setelah mengetahui luas lahan untuk pembangunan, maka arsitek dapat membuat rancangan tata kota atau seni taman. Rancangan tata kota atau seni taman tersebut masuk ke dalam ranah rancangan pekerjaan arsitektur lanskap.

source: Google Image

Kontraktor yang menyediakan jasa konstruksi untuk sebuah bangunan diperlukan untuk mengkonstruksi suatu bangunan yang kokoh, berkualitas, nyaman dan tidak melupakan kegunaan dari banguanan itu sendiri, serta mengedepankan kebutuhan dan keinginan owner atau penghuninya. Selain itu mengkonstruksi bangunan dan memperhatikan beberpa hal penting lainnya, kontraktor juga akan bertanggung jawab penuh atas semua proses dan hasil yang dikerjakan sesuai dengan kontrak kerja yang berlaku.

Pekerjaan-pekerjaan yang dikerjakan oleh kontraktor memang menyesuaikan kontrak kerja yang sudah disetujui oleh kedua belah pihak; pihak owner dan pihak kontraktor. Dengan begitu, pekerjaan-pekerjaan yang ada di kontrak kerja tersebut dapat dilaksanakan. Pada dasarnya pekerjaan-pekerjaan yang ada dan disetujui oleh kedua belah pihak dalam kontrak kerja, antara lain:

  1. Pekerjaan Arsitektur



    Pekerjaan arsitektur adalah pekerjaan yang merencanakan sebuah rancangan bangunan, serta memberikan pengawasan pada proses konstruksi bangunan. Pekerjaan arsitektur itu meliputi denah bangunan, penempatan pintu, jendela, lantai, dinding, dan posisi ruangan. Biasanya yang membuat rancangan atau design suatu bangunan ini adalah seorang yang berprofesi sebagai arsitek dan dapat pula dibantu oleh insinyur sipil. Pekerjaan tersebut juga dapat disebut pekerjaan yang dilakukan oleh konsultan arsitek. Konsulten arsitek akan membuat gambaran design dan berdiskusi dengan owner perihal bangunan sekaligus gaya bangunan yang diinginkan.

  2. Pekerjaan Struktural



    Struktural mempunyai kata dasar struktur. Struktur adalah pekerjaan yang mengerjakan bagian-bagian atau elemen-elemen yang dapat membentuk bangunan. Elemen struktur berfungsi untuk mendukung keberadaan elemen-elemen non-struktur (interior, exterior, dll). Pekerjaan struktural meliputi kegiatan pengecoran, semen, dan fondasi bangunan. Sama seperti namanya, pekerjaan struktural itu pekerjaan yang menyangkut struktur suatu bangunan. Pekerjaan ini biasanya menjadi pertanda bahwa proyek atau gambar kerja yang dibuat sudah dieksekusi. Pekerjaan ini diawali dengan pembuatan fondasi bangunan. Untuk diingat, pekerjaan struktural hanya dapat dikerjakan setelah menyelsaikan gambar kerja. Mungkin pekerjaan struktural dapat dikerjakan tanpa gambar kerja, tetapi jika dikerjakan tanpa gambar kerja, tanpa hitung-hitungan yang matang, dan terlebih tanpa dikerjakan dan diawasi oleh tenaga ahli, maka pekerjaan struktur tersebut tidak akan maksimal. Maka dari itu, sebuah kontraktor menawarkan sebuah perencanaan dan perencanaan yang dilakukan sebelum mengkonstruksi suatu bangunan itu mutlak adanya.

  3. Pengadaan Interior



    Pengadaan interor adalah pekerjaan untuk mengisi atau mengadakan suatu ruangan dengan penataan ruangan yang memiliki nilai estetika. Dekorasi ruanganpun menjadi bagian dari pekerjaan pengadaan interior itu sendiri. Selain mengeksekusi pekerjaan arsitektur dan pekerjaan struktural, sebuah kontraktor biasanya menawarkan juga jasa untuk mendekorasi interior. Pekerjaan pengadaan interior ini meliputi furniture, perpaduan warna/cat ruangan, perabot-perabot, serta penerangan atau warna lampur yang digunakan dapat menjadi bagian dari pekerjaan interior. Kunci dari pengadaan interior adalah nilai estetika. Nilai-nilai seni dapat diterapkan dalam merancang dan mengerjakan pengadaan interior. Tidak lain, nilai estetika tersebut diperlukan agar ruangan yang didekorasi memunculkan suasana yang membuat nyaman penghuninya.

  4. Instalasi Mekanikal & Elektrikal



    Instalasi mekanikal dan elektrikal merupakan sistem pendukung yang memerlukan sebuah sistem mekanis sin sitem tenaga listrik. Instalasi-instalasi tersebut merupakan sebuah penunjang yang tidak dapat dipisahkan dari sebuah konstruksi bangunan. Instalasi-instalasi tersebut adalah hal penting karena suatu bangunan pasti membutuhkan air, kelistrikan, pemadam kebakaran, dan tata udara yang baik.
    Instalasi mekanikal
    Instalasi mekanikal meliputi tata udara (Air Conditioning), pemadam kebakaran (hydrant), kompresor, elevator (lift) dan pemipaan atau plumbing.
    Instalasi elektrikal
    Instalasi elektrikal meliputi instalasi kelistrikan, sistem penangkal petir, cctv dan lain-lain. Instalasi elektrikal diperlukan agar komponen-komponen yang dibutuhkandapat beroperasi dengan baik.

    Bayangkan saja jika suatu konstruksi bangunantidak ditunjang dengan dengan salah satu pekerjaan di atas, maka dapat dipastikan proyek tersebut tidak akan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Semua poin-poin yang dijabarkan di atas adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam mengerjakan konstruksi sebuah bangunan; entah itu gedung, tata kota, commercial, perumahan dan lain sebagainya. Jika anda menggunakan jasa kontraktor, maka semua pekerjaan di atas dapat dikerjakan oleh kontraktor. Kontraktor bertanggung jawab atas proses pekerjaan konstruksi tersebut sampai bangunan itu digunakan. Mungkin sebelum anda memilih untuk menggunakan jasa kontraktor, anda dapat membaca artikel TIPS MEMILIH JASA KONTRAKTOR BANGUNAN DAN INTERIOR

Fokus Bidang Pekerjaan Meirive Contractor

Meirive yang berperan sebagai general contractor di industri konstruksi dan pengadaan interior, memfokuskan bidang pekerjaan kami seperti poin-poin yang sudah anda baca di atas. Meirive dapat mengerjakan segala pekerjaan konstruksi, interior beserta turunan-turunan pekerjaannya dengan baik. Sebagai kontraktor yang mempunyai spesialisasi di bidang konstruksi bangunan dan pengadaan interior, kami tidak menutup diri untuk mengerjakan hanya beberapa atau salah satu jenis pekerjaan konstruksi tersebut. Satu yang Meirive janjikan untuk customer dan calon customer kami, kepuasan kalian adalah prioritas kami dan kami yakin, dengan mengkolaborasikan kepuasan customer, standard pelayanan dan produk terbaik kami, maka akan menghasilkan bangunan yang anda ingin dan butuhkan dengan kualitas terbaik yang dapat bersaing dengan kontraktor-kontraktor besar yang terkesan prestisius.

, , , , , , , , ,

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *