September 21, 2020

JENIS – JENIS PLAFON PADA RUMAH HUNIAN

Source: Google Image

Artikel ini membahas tentang jenis – jenis plafon yang digunakan pada rumah hunian.

Plafon, ceiling, atau langit – langit merupakan suatu elemen yang penting pada hunian. Plafon berperan menjadi elemen yang berguna untuk membatasi atap dan ruangan tertentu. Dengan sentuhan selera penghuni rumah dan dipadukan dengan estetika, maka plafon bisa menjadi elemen yang dapat mempercantik interior rumah anda. Selain itu plafon juga dapat berfungsi sebagai elemen dekorasi, peredam bising, meredam panas dan juga menahan kotoran – kotoran yang jatuh dari atas atap.

Pada masa sekarang ini, yang mana sudah banyak terjadi perkembangan yang juga termasuk berkembangnya dunia konstruksi dan interior, desain plafon rumah terdiri dari berbagai macam jenis yang bisa disesuaikan menurut konsep interior agar tampilannya nampak serasi dengan dekorasi interior yang ada.

Ada banyak model – model variasi pemasangan plafon atau ceiling. Variasi plafon itu biasa dikenal dengan sebutan drop ceiling dan up ceiling. Pembuatan drop ceiling dan up ceiling merupakan pekerjaan arsitektur yang menjadi bagian fokus utama pada penyedia jasa kontraktor Jakarta. Plafon, ceiling, dan juga langit – langit dapat dikerjakan menggunakan banyak material. Dengan begitu langit – langit bisa di kustomisasi sesuai selera tanpa adanya sesuatu yang baku untuk pekerjaan pembuatan plafon tersebut.

Penggunaan material plafon juga tidak perlu sama dengan atap rumah, hal tersebut dikarenakan fungsinya pun sangat berbeda antara plafond an atap rumah. Banyak orang awam yang belum bisa membedakan dengan pasti antara plafon dan atap rumah. Padahal plafon berada terlihat jelas di atas kepala kita ketika kita berada di ruangan tertentu. Sedangkan atap rumah hanya bisa terlihat ketika kita berada di luar ruangan tersebut.

Berikut ini adalah jenis – jenis dan material yang digunakan untuk membuat plafon pada rumah hunian beserta kekurangan dan kelebihan yang dimiliki masing – masing material dan jenisnya. Di antaranya adalah:

  • Plafon Gypsum



    Plafon gypsum merupakan jenis plafon yang tidak jarang kita lihat penggunaanya pada rumah-rumah modern dari yang sederhana hingga yang mewah. Pembuatan plafon dengan menggunakan material gypsum ini terdiri dari model drop ceiling, up ceiling serta flat ceiling. Material gypsum untuk plafon memang sesuatu yang banyak ditemui karena memang material gypsum tersebut mudah untuk ditemui di pasaran dan dijual dengan harga yang relative murah. Namun dari material plafon yang sering digunakan ini memiliki kekurangan, yaitu daya serapnya yang tinggi terhadap air sehingga jika terjadi kebocoran beban dari material ini akan bertambah hingga tidak kuat menahan beban, maka terjadilah atap yang rubuh. Hal tersebut dapat terhindar jika pemasangan atap yang presisi dengan material tahan lama jika menggunakan penyedia jasa kontraktor Jakarta.

    BACA JUGA: KETAHUI SIFAT-SIFAT MATERIAL PAPAN GYPSUM SEBELUM MENGGUNAKANNYA UNTUK INTERIOR RUMAH
  • PLAFON GRC



    Plafon dengan material GRC, Glass Fiber Reinforced Cement Board saat ini sedang sangat popular digunakan karena selain harganya yang relative murah dan juga material ini memiliki kualitas ketahanan yang luar biasa. Material ini dapat menahan air dan juga api dan tentu saja lebih kuat dari triplek. Pada pemasangannya, material GRC ini dapat diaplikasikan pada rangka besi. Namun material GRC untuk plafon ini tergolong pekerjaan yang rumit karena memiliki karakteristik material yang keras. Dengan begitu pemasangan plafon dengan material ini membutuhkan jasa kontraktor Jakarta agar hasilnya rapi dan juga berkualitas.

    BACA JUGA: GRC Board, Papan Serbaguna Untuk Rumah Anda

  • PLAFON PVC



    PVC, atau polyvinyl chloride adalah material yang sering digunakan untuk pembuatan pipa air. Namun, di masa sekarang ini, material pvc ini juga mulai banyak digunakan sebagai material utama untuk pembuatan plafon rumah. Adapun plafon rumah yang menggunakan pvc memiliki kelebihan, bobotnya yang ringan sehingga memudahkan dalam proses pemasangan, tahan terhadap api dan air, anti rayap dan juga mempunyai tampilan yang fresh dan stylish. Tetapi sangat disayangkan, dengan kelebihan – kelebihan yang ditawarkan dari pvc ini, maka material ini juga menuntut harga yang cukup mahal dan juga material ini tidak bisa dicat secara manual sehingga, anda harus menggantinya dengan pvc dengan warna sesuai jika ingin menganti warna plafon.

  • PLAFON TRIPLEK



    Triplek, material ini banyak dijual dengan berbagai macam ketebalan. Plafon rumah triplek dapat diinstalasi menggunakan rangka kayu. Plafon triplek ini menawarkan keunggulan dari segi pemasangan dan juga harganya yang ekonomis. Karena triplek juga merupakan material penggabungan antara 3 lapisan bahan material, maka triplek memiliki bobot yang ringan. Dengan begitu, triplek merupakan material yang mudah untuk dipasang sebagai plafon di dalam rumah. Tetapi triplek tidak bisa menahan api dan juga tidak bisa terpapar air secara terus menerus. Maka anda perlu memastikan atap rumah anda tidak bocor.

  • PLAFON ETERNIT



    Ada pula plafon rumah yang menggunakan material eternit. Eternit dapat dibuat dengan campuran bahan dasar semen dan juga bahan kain perca. Material plafon yang menggunakan eternit biasa dijual dengan harga yang terjangkau. Plafon yang menggunakan eternit pun tahan terhadap api dan tidak mudah lapuk meskipun terkena air. Jika menggunakan eternit sebagai plafon rumah juga dapat meberikan kesan dingin pada ruangan anda. Pada pemasangan dan perawatannya juga harus ekstra hati – hati sebab materialnya sangat riskan dan mudah retak.

  • PLAFON AKUSTIK



    Umumnya, plafon rumah akustik digunakan pada ruang – ruang rapat, ruang pertunjukkan ataupun auditorium karena dapat meredam suara secara maksimal. Untuk anda yang ingin menciptakan suasana tenang pada ruangan anda, plafon dari material akustik ini. Pemasangannya dapat dilakukan dengan mudah pada rangka logam ataupun kayu. Plafon akustik juga memiliki bobot yang ringan. Tetapi dikarenakan coraknya yang menawan dan karakteristiknya yang memiliki keunggulan dibanding material lain, plafon akustik memiliki harga yang cukup mahal.

Itulah material – material yang digunakan pada plafon rumah hunian. Semua material tetap memiliki keunggulan dan kekurangan masing – masing. Anda hanya perlu mencocokkan dengan budget dan kebutuhan anda di rumah. Kalau anda sudah menentukan material yang sesuai dengan kebutuhan anda, maka serahkan pengerjaannya pada penyedia jasa kontraktor Jakarta agar anda mendapatkan hasil yang maksimal.

MEIRIVE MEMILIKI TENAGA AHLI DALAM SETIAP BIDANG PEKERJAAN YANG DIBUTUHKAN

Meirive sebagai penyedia jasa kontraktor Jakarta, memiliki tenaga ahli atau professional dalam pengawasan dan perencanaannya proyek yang ingin dikerjakan. Dengan tenaga ahli dalam pengawasan dan perencanaan akan sangat menentukan pada hasil kerja yang baik. Ditambah kami sudah banyak bekerja sama dengan supplier material terpercaya. Dengan begitu, jika menggunakan jasa Meirive sebagai kontraktor yang mengeksekusi kebutuhan anda akan pekerjaan konstruksi maupun interior, anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan dan juga kami akan bertanggung jawab penuh pada tahap perencanaan, tahap pengeksekusian dan juga hasil pekerjaan dengan jaminan agar hasil pekerjaan tersebut bisa bertahan hingga masa yang ditentukan.

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *