April 14, 2020

MANFAAT MEMILIKI JENDELA DI RUMAH

Source: PINTEREST

Artikel kali ini membahas mengenai jendela serta manfaat dan macam-macam jendela untuk rumah.

Pada dasarnya, jendela adalah salah satu lubang yang memiliki bentuk tertentu yang mempunyai penutup, yang biasanya dibuat pada dinding suatu bangunan. Berbicara soal bentuk jendela, jendela mempunyai bentuk yang sangat beragam, dari mulai bentuk segitiga, persegi, persegi panjang, lingkaran dan macam-macam bentuk lainnya yang dapat menambah nilai estetika tampak bangunan atau exterior bangunan anda.

Meskipun bentuknya dapat beragam, asimetris atau tidak beraturan sekalipun, itu tidak akan merubah atau mengurangi fungsi dari jendela tersebut. Yang mana fungsi dari jendela adalah sebagai ventilasi udara dan tempat masuknya cahaya dari luar ke dalam ruangan.

Dengan fungsi tersebut, maka jendela dapat mempengaruhi kesehatan ruangan. Selain udara segar dapat masuk ke dalam ruangan, fungsi jendela juga dapat  mengeluarkan udara kotor ke luar ruangan, itulah yang disebut sirkulasi. Manfaat jendela di dalam rumah pada dasarnya untuk sirkulasi udara. Di antara kalian yang membaca, mungkin sudah mengetahui kegunaan utama dari jendela. Namun ada banyak manfaat dan keuntungan yang kamu dapatkan jika mempunyai banyak jendela di dalam.

Sebagai permulaan, mari perhatikan macam-macam jenis jendela yang biasa digunakan untuk bangunan rumah tinggal. Di antaranya:

  • CASEMENT WINDOW/JENDELA BUKAAN KELUAR (JENDELA BIASA)



    Jendela biasa yang sering anda lihat pada rumah-rumah kebanyakan, jendela yang seperti pintu yang mempunyai engsel yang dapat dibuka dengan lebar sehingga memberikan ventilasi udara yang optimal.
  • AWNING WINDOW



    Pada prinsipnya jendela jenis ini hampir sama dengan jendela biasa yang menggunakan engsel. Tetapi pada jendela jenis ini, engselnya berada di bagian atas jendela sehingga jendela dapat didorong atau dibuka ke arah luar ruangan. Meskipun tidak dapat dibuka dengan lebar, namun jendela jenis ini sudah cukup memadai sebagai tempat masuknya udara bersih.
  • SLIDING WINDOW



    Jendela yang terdiri dari 2 buah jendela dengan fungsi, jendela yang satu sebagai jendela mati yang tidak bisa digeser dan satunya lagi dapat digeser secara horizontal. Pada umumnya, jendela jenis ini lebih awet dengna tipe jendela biasa karena tidak memerlukan engsel, yang mana engsel tersebut dapat rusak dikarenakan pemakaian yang cukup lama.
  • PIVOT WINDOW



    Jendela jenis ini juga menggunakan engsel. Tetapi engsel pada jendela jenis ini berada di tengah. Dengan begitu, jendela persis berada di posisi tengah dan menghasilkan 2 sisi lubang untuk ventilasi udara.
  • STATIONARY WINDOW



    Jendela stationary banyak ditemukan pada rumah yang bergaya minimalis modern atau kontemporer. Sama seperti jenis Fixed Window, Stationary Window juga merupakan jendela yang tidak dapat dibuka, digeser atau didorong. Jendela ini biasanya terdapat di sudut ruangan dengan desainnya yang sederhana yang dapat mendukung konsep rumah yang bergaya minimalis modern atau kontemporer tersebut.
  • SINGLE-HUNG & DOUBLE-HUNG WINDOW



    Tipe single-hung window merupakan jendela yang memiliki dua daun jendela pada bagian atas dan bagian bawah jendela tersebut. Tetapi hanya satu bagian saja yang dapat dibuka dengan cara digeser ke atas atau ke bawah, entah itu bagian atas atau bagian bawah daun jendela.
    Tipe double-hung window merupakan jendela yang memiliki dua daun jendela, yaitu bagian bawah dan atas dengan bentuk yang tidak harus sama. Hampir sama dengan single-hung window, prinsipnya adalah daun jendela bagian atas dapat dibuka dengan cara menggeser ke bawah dan yang bagian atas dapat digeser ke bawah.
  • FIXED WINDOW



    Untuk jendela jenis ini mungkin dapat dikatakan jendela mati. Karena jendela tersebut mempunyai posisi yang tidak bisa digeser atau didorong. Jendela jenis ini biasanya hanya digunakan untuk mempercantik dekorasi ruangan dengan kaca sebagai tempat masuknya cahaya matahari, bukan sebagai tempat ventilasi udara.

Biasanya, jendela itu dapat dibuat dari berbagai bahan atau material. Ada yang dibuat dari bahan kayu, besi dan lain sebagainya yang dapat menyesuaikan kebutuhan bangunan dan selera atau keinginan penghuninya.

Namun, udara yang tidak sehat di dalam ruangan rumah anda dapat didasari oleh banyak hal. Udara kotor yang tidak sehat itu dapat berasal dari kompor gas yang mengeluarkan gas karbondioksida yang berbahaya jika dihirup, saat anda membersihkan rumah dari debu sisa kotoran dalam perabot anda yang dapat memperburuk kualitas udara di rumah, hewan peliharaan seperti kucing atau anjing di dalam rumah yang menghasilkan kotoran dan juga bulu-bulunya yang halus dapat beterbangan di ruangan rumah anda, serta jika ada penghuni rumah yang merokok di dalam rumah sudah jelas dapat memperparah kualitas udara di ruangan tersebut. Maka dari itu anda membutuhkan jendela selain untuk mempercantik tampak bangunan atau interior ruangan, juga untuk menanggulangi penyebab-penyebab yang dapat mengganggu kesehatan tersebut.

Berikut adalah manfaat dari memiliki jendela di dalam rumah:

  • Sebagai sirkulasi udara



    Mungkin ini adalah kegunaan utama dari jendela di dalam rumah dan kebanyakan orang sudah mengetahui akan hal ini. Sirkulasi udara diperlukan untuk mengeluarkan udara kotor yang ada di dalam ruangan dengan tujuan mendapatkan udara segar dari luar ruangan.

  • Sebagai tempat masuknya cahaya matahari

    kegunaan-jendela-sebagai-tempat-masuk-cahaya-matahari

    Bayangkan jika cahaya matahari tidak dapat masuk ke rumah anda. Pasti rumah anda akan lembap. Ruangan yang terus menerus lembap merupakan tempat berbagai penyakit berasal. Dengan begitu rumah anda menjadi tempat yang tidak sehat, bukan?

  • Untuk melihat ke arah luar rumah



    Memandangi keadaan di luar rumah memang aktifitas yang menyenangkan. Meskipun jika mempunyai rumah di pusat kota Jakarta tidak memiliki pemandangan yang menarik. Tetapi tetap saja hal itu diperlukan untuk sekadar mencari inspirasi dengan berdiam diri melihat kea rah luar rumah lewat jendela.

  • Sebagai Dekorasi Ruangan



    Selain memiliki fungsi praktis, jendela juga memiliki fungsi estetis. Jendela dapat mempercantik ruangan anda dari dalam maupun dari luar ruangan. Dengan jendela yang memiliki nilai estetika itulah dapat membuat penghuninya lebih nyaman.

  • Sebagai Emergency Exit



    Selain fungsi-fungsi yang telah dibahas di atas. Ternyata jendela juga memiliki fungsi sebagai pintu keluar emergency. Jika ada hal yang tidak diinginkan di dalam rumah dan tidak sempat untuk keluar melalui pintu, maka anda dapat menggunakan jendela sebagai pintu keluar darurat.

Itulah ulasan mengenai macam-macam, fungsi serta manfaat dari memiliki jendela untuk bangunan rumah anda.

MEIRIVE SEBAGAI PENYEDIA JASA KONTRAKTOR PENGADAAN INTERIOR

CONSTRUCTION PROJECT BY MEIRIVE

Berbicara soal jendela untuk rumah memang merupakan hal yang sepele namun dapat menghasilkan manfaat yang luar biasa untuk bangunan dan juga kesehatan penghuninya. Jendela ialah bagian dari pekerjaan pengadaan interior, dan tentu saja pekerjaan pengadaan interior merupakan salah satu dari fokus kami berdiri pada industri tersebut.

RENOVATION PROJECT BY MEIRIVE

Meirive sudah cukup banyak menyelesaikan pekerjaan pengadaan interior ataupun exterior untuk bangunan rumah, yang mana meliputi jendela dan perabot-perabot yang mendukung untuk mempercantik tampak luar bangunan dan interior ruangannya. Untuk anda yang ingin menambah jendela untuk rumah anda atau ingin mengganti konsep interior serta tampilan jendela anda, kami dapat menyanggupi permintaan tersebut dari pengadaan interior (jendela) maupun renovasi interior/bangunan anda.

, , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *