Scroll to top

MATERIAL KONSTRUKSI BANGUNAN; BAJA BERBEDA DENGAN BESI

Source: Google Image

Artikel ini akan membahas tentang material konstruksi bangunan; besi & baja

Besi dan baja merupakan material yang sudah digunakan umat manusia sejak zaman dahulu. Besi dan baja tidak akan pernah terlepas dari sejarah peradaban manusia. Terutama besi. Berbagai peralatan dan perlengkapan untuk kehidupan dan peperangan sudah dibuat dan diproduksi dengna menggunakan material besi dan baja.

Besi dan baja juga digunakan pada keperluan konstruksi. Material konstruksi memang sangat beragam. Dari keberagaman material yang digunakan itu maka terkadang pada beberapa bagian pekerjaan dapat menggunakan banyak pilihan alternatif material yang ingin digunakan. Dalam hal ini adalah besi & baja yang merupakan material yang sering digunakan sebagai material untuk pekerjaan konstruksi bangunan.

Besi sendiri adalah material yang terbuat dari biji besi yang ditambang dari alam, lalu diolah sedemikian rupa menjadi besi kasar hingga besi tuang. Selanjutnya, besi tersebut bisa digunakan sebagai bahan baku yang utama untuk membuat baja. Besi mengandung karbon lebih banyak dibandingkan dengan baja. Besi mengandung 2 sampai dengan 4% karbon. Di mana, baja hanya mengandung 0,2 hingga 2%.

Sayangnya banyak juga yang mengira bahwa baja & besi adalah material yang sama. Pada dasarnya, kedua material ini memiliki perbedaan, yang mana perbedaan tersebut tentu saja dapat mempengaruhi pengaplikasiannya pada sebuah konstruksi bangunan.

Baja itu sendiri diproduksi melalui perpaduan sejumlah material, yaitu besi, karbon, kromium, nikel silicon, sulfur, mangan, alumunium, nitrogen dan oksigen. Justru baja terbuat dari besi. Baja merupakan material yang memiliki kekuatan penarikan yang tinggi, biaya produksi yang tergolong rendah. Hal tersebut menjadikan material baja menjadi favorit yang digunakan untuk pembuatan konstruksi bangunan rumah.

(BACA JUGA: KONSTRUKSI BAJA RINGAN)

Selain untuk pekerjaan kontruksi, arsitektur & juga sipil. Besi dan baja juga sering digunakan untuk kebutuhan eksterior rumah. Untuk kebutuhan eksterior rumah, besi dan baja biasanya sering ktia temukan pada pagar rumah, kanopi dengan baja dan juga lain – lain sebagainya.

Besi dan baja memiliki kekuatan atau kepadatan yang berbeda. Kekuatan material tersebut dipengaruhi oleh kandungan karbon. Tetapi besi memiliki sifat yang lebih elastis dibandingkan dengna baja. Hal yang membuat besi lebih elastis dari pada baja adalah dipengaruhi oleh karakteristik getas dan keuletan yang dimikiki oleh material besi & baja ini.

Berbeda dengan besi, besi memiliki dari unsur tunggal. Sebuah material yang dibuat dengan bahan – bahan yang murni, akan menjadikan material tersebut menjadi lebih kuat dan kokoh. Namun besi lebih mudah berkarat dari pada baja. Hal tersebut dikarenakan besi lebih mudah teroksidadsi. Besi juga memiliki permukaan yang gelap, sedangkan baja memikiperbumakan yang lebih mengkilap. Untuk itu saya akan membahas perbedaan – perbedaan yang ada.

  • Sifat Baja



    Baja memiliki sifat yang berbeda – beda tergantung dari hasil produksinya. Namun, secara umum material baja memiliki ketahanan yang paling baik terhadap karat, memiliki sifat magnet yang cukup kuat, memilki pemuaian yang tidak mudah memuai, serta memiliki ketahanan terhadap beban dan tekanan dan juga tahan terhadap asam. Selain itu, baja juga memiliki tampilan yang mengkilap serta memiliki karakter yang ucpup kuat, keras, dan awet.

  • Jenis – Jenis Baja



    Baja memiliki 2 jenis yang berbeda satu sama lain. 2 jenis yang berbeda itu juga dapat menyesuaikan menurut pemakaian dan kebuthan di lapangan. Namun baja memiliki 2 jenis, yaitu:

    Baja Karbon (Carbon Steel), baja karbon terdiri dari 3 macam baja. Ada baja karbon rendah dengan sifat yang mudah ditempa, baja karbon menengah yang mana karbon menengah tersebut cenderung lebih kaku, dan yang terakhir baja karbon tinggi dengan karakteristik yang sangat kaku dan sulit untuk dibengkokkan ataupun dipotong. Tentu saja baja karbon jenis ini adalah baja karbon yang paling kuat dan kokoh.

    Baja Paduan (Alloy Steel), Baja paduan diproduksi dari berbagai macam bahan untuk meningkatkan kekerasan, kepadatan, kekuatan Tarik, menambah sifat mekanik pada temperature rendah serta meningkatkan ketahanan terhadap oksidasi dan reduksi. Namun baja paduan ini dibagi lagi menjadi tiga jenis, yakni baja paduan rendah dengan elemen paduan kurang dari 2,5%, baja paduan menengah dengan elemen paduan 2,5% hingga 10%, dan yang terakhir baja paduan tinggi dengan elemen paduan lebih dari 10%.

  • Penggunaan baja



    Dengan banyaknya kelebihan yang dimiliki baja, material ini sering dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, mulai dari keperluan pekerjaan konstruksi bangunan hingga peralatan – peralatan yang sering kita gunakan sehari – hari. Misalnya untuk pembuatan atap rumah, pembuatan jembatan, rel kereta api, pembuatan menara, sebagai material untuk memproduksi mesin, spare part mobil, sparepart kapal, material untuk memproduksi perkakas dan alat otomotif, hingga peralatan untuk memasak.

    Seperti contoh menara Eiffel. Konstruksi menara Eiffel menggunakan material baja. Selain itu seperti rel kereta, pembuatan jalan dan pembangunan infrastruktur lainnya banyak yang menggunakan baja.

  • Konstruksi baja



    Konstruksi baja adalah struktur yang terbuat dari kombinasi terorganisir dari baja structural yang diatur dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan arsitektur dan teknis. Jenis struktur ini banyak digunakan dalam proyek konstruksi berskala menengah dan skala besar. Hal tersebut dilakukan karena pertimbangan material baja itu memiliki nilai tambah seperti ringan dan relatif cepat dalam proses pengerjaannya. Kelebihan dari menggunakan struktur baja adalah karena struktur baja ramah lingkungan, pemasangannya yang relatif cepat, dan juga struktur baja dinilai memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi.

Itulah artikel mengenai besi dan baja sebagai materal yang sering digunakan pada sebuah konstruksi bangunan, pada interior maupun eksterior. Dengan membaca artikel ini diharapkan anda sudah tidak bingung lagi untuk membedakan besi dan baja, terlebih membedakannya ketika ingin menggunakannya sebagai material untuk mengerjakan sebuah konstruksi bangunan.

MEIRIVE MEMBERIKAN JASA PENGERJAAN STRUKTUR DENGAN BAHAN BERKUALITAS DAN TENAGA PROFESIONAL

Sesudah anda mengetahui bahwa struktur baja adalah material yang berkualitas untuk digunakan pada struktur bangunan, tetapi anda seharusnya paham, dibalik bangunan yang kokoh dan tahan lama selain dipengaruhi oleh bahan atau material yang berkualitas, hal tersebut juga dipengaruhi oleh cara atau metode pengerjaan yang digunakan.

Apabila anda menggunakan material terbaik tetapi ada kesalahan dalam proses pengerjaannya, maka material terbaik itu tidak berarti lagi karena bangunan anda tidak maksimal disebabkan oleh pengerjaannya yang tidak professional. Profesionalitas adalah kunci utama Meirive untuk dapat bersaing di industry konstruksi dan interior ini. Menurut kami, material atau bahan yang berkualitas itu perlu namun sudah pasti material terbaik itu harus diimbangi dengan pengerjaan dan pengawasan oleh tenga ahli atau professional agar dapat menghasilkan produk yang berkualitas.

Author avatar

Raghil

http://localhost/meirive
Saya adalah seorang digital marketer untuk Meirive. Di Meirive saya bertanggung jawab atas konten-konten website, konten sosial media, brand awareness serta portfolio perusahaan.

Related posts

Post a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Need Help?
Halo, ada yang bisa di bantu?