Juni 9, 2020

Material Lantai, Khusus Untuk Ruangan-Ruangan Tertentu Di Rumah

Image Soource: Google Image

Artikel kali ini membahas tentang penggunaan material pada lantai yang menyesuaikan ruangan itu sendiri.

Lantai adalah permukaan bawah pada sebuah ruangan ataupun bangunan. Lantai dapat menggunakan material batu, kayu, metal, keramik, marmer, granit, bambu dan lain sebagainya. Pada saat memilih material lantai untuk bangunan rumah anda, sebaiknya anda tidak hanya memerhatikan desain, corak dan warnanya yang menarik hati anda. Tentu saja hal paling utama adalah penggunaan material yang berkualitas. Selain material yang berkualitas, tekstur material lantai yang digunakan juga harus menunjang dengan memberikan kenyamanan serta keindahan untuk digunakan di rumah anda.

Mungkin anda menginginkan lantai berbahan marmer untuk kamar mandi. Hal itu tentu saja dapat dilakukan, akan tetapi tekstur marmer yang licin tersebut tidak memungkinkan untuk digunakan pada kamar mandi anda. Sebab di kamar mandi memiliki kondisi lembab dan selalu ada air di ruangan kamar mandi tersebut. Sebut saja anda memang mendapatkan lantai yang kalian inginkan, namun pemilihan tersebut tidak tepat karena lantai yang terlalu licin di kamar mandi malah dapat membahayakan penghuninya dengan resiko terpleset atau terjatuh di kamar mandi, dikarenakan lantai tempat berpijaknya terlalu licin.

Dari sekian banyak material yang dapat digunakan untuk lantai rumah, maka dari itu penggunaan material-material tersebut dapat berbeda-beda tergantung kebutuhan dan juga kondisi pada ruangan tersebut. Selain itu dengan memperhatikan budaya orang Asia yang tidak menggunakan alas kaki ketika masuk rumah, apa lagi di Indonesia sangat jarang ditemui orang yang sedang bersantai di rumah dengan menggunakan sepatu atau alas kaki lainnya.

Karenanya, agar anda tidak keliru dalam memilih material yang digunakan sesuai kebutuhan ruangan dan keinginan anda maka artikel ini membahas kegunaan yang cocok untuk ruangan-ruangan tertentu.

Berikut material-material yang cocok untuk ruangan tertentu di rumah anda:

  1. Tekstur material Lantai untuk Ruang Tamu & Ruang Keluarga



    Ruang tamu dan ruang keluarga biasanya mempunyai fungsi ruangan yang hampir mirip satu sama lain. Ruang tamu dan ruang keluarga menjadi ruangan yang dapat menampung aktivitas penghuninya untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama. Untuk ruangan tersebut, tekstur lantai yang digunakan dapat menggunakan tekstur lantai yang lembut dan juga hangat. Material yang betekstur lembut dan hangat tersebut dapat memberikan kenyamanan untuk melakukan aktivitas di ruang tamu atau ruang keluarga. Tekstur lantai yang hangat dan lembut itu bisa didapatkan dengan menggunakan material dari kayu.

    Tetapi jika anda mengizinkan tamu yang masuk ruang tamu anda dengan alas kaki atau keluarga anda memang terbiasa menggunakan alas kaki ketika di rumah, penggunaan tekstur lantai yang cukup licin dari keramik tidak menjadi sebuah masalah. Pentingnya adalah setelah anda menentukan tekstur yang cocok untuk anda, anda dapat memilih corak, motif atau warna yang sesuai dengan selera.

  2. Tekstur Material Lantai untuk Kamar Tidur



    Mayoritas orang Indonesia jarang menggunakan alas kaki ketika memasuki kamar tidurnya. Dengan pertimbangan tersebut, material lantai pada kamar tidur seharusnya memiliki tekstur tidak terlalu kasar. Sebaiknya anda memilih tekstur material lantai yang halus dan juga lembut. Karena kamar tidur digunakan untuk beristirahat saat lelah menjalani aktivitas, maka lantai yang halus dan lembut dapat memberikan kenyamanan yang anda butuhkan untuk beristirahat di kamar tidur anda. Tekstur yang halus dan lembut dapat menggunakan marmer ataupun lantai kayu.

    Namun jika diperlukan, tambahkan karpet cantik yang untuk melapisi beberapa bagian lantai. Sebaiknya anda menghindari penggunaan ubin untuk kamar tidur yang sangat peka untuk terpengaruh oleh suhu dingin sehingga kurang nyaman untuk menjadi pijakan kaki ketika anda ingin beristirahat di kamar tidur anda.

  3. Tekstur Material Lantai untuk Dapur



    Dapur sangat identik dengan makanan serta proses pembuatan makanan itu sendiri. Maka dari itu, ruang dapur sangat riskan terkena cipratan minyak, dijatuhi noda makanan serta tetesan air. Yang mana terkadang cipratan atau tetesan tersebut tidak terlihat jelas oleh mata sehingga orang yang memijakkan kaki di ruang dapur sangat berisiko terpleset atau terjatuh oleh cipratan atau tetesan dari makanan dan minuman.

    Oleh karena itu, tekstur lantai yang cocok untuk dapur adalah material yang berstektur keset (tidak licin). Material seperti vinyl yang mudah dipasang dan juga dengan permukaan yang berkontur akan memberikan kenyamanan dan keamanan untuk dapur anda. Selain itu, lantai dapur yang mudah kotor akan mudah pula dibersihkan jika menggunakan vinyl.

  4. Lantai Kamar Mandi



    Pada dasarnya kamar mandi adalah ruangan yang selalu lembab dan basah. Kamar mandi rentan dengan risiko terpleset apabila melangkah. Oleh karena itu, tekstur material untuk lantai yang digunakan untuk di kamar mandi adalah tekstur yang kasar. Tekstur yang kasar tersebut berguna untuk memperbesar gaya gesekan ketika melangkah. Dengan begitu, risiko terpleset dapat diminimalisir karena permukaan lantai yang kasar. Material lantai dari batu alam adalah yang terbaik untuk ruangan kamar mandi. Tetapi kekurangan dari batu alam adalah mudah dilumuti, sehingga anda membutuhkan waktu dan tenaga ekstra untuk merawatnya.

    Tetapi ada alternatif material untuk kamar mandi, yaitu keramik. Produsen keramik sudah banyak membuat keramik khusus untuk kamar mandi yang memiliki motif berkontur dan permukaan yang kasar. Mesikpun lantai kamar mandi selalu basah, dengan menggunakan keramik khusus kamar mandi risiko terpleset akan dapat diminimalisir.

  5. Lantai Garasi



    Untuk garasi atau carport, ruangan ini sudah pasti digunakan untuk memarkir kendaraan seperti mobil, motor atau sepeda. Ruangan dengan fungsi seperti itu membutuhkan material lantai yang kuat untuk menopang berat kendaraan yang bisa mencapai ratusan kilogram. Serta material yang digunakan untuk garasi pun harus kasar supaya tidak menyebabkan kendaraan yang tergelincir ketika diparkirkan.

    Untuk mendapatkan tekstur lantai yang kasar serta kuat, anda bisa menggunakan material lantai dari batu alam, paving block, atau melapisi lantai dengan semen dan juga bebatuan yang dapat membuat permukaan lantai tersebut kasar untuk menghindari kendaraan anda tergelincir saat diparkirkan. Perlu diingat, roda kendaraan selalu kotor karena membawa kotoran seperti tanah dan debu jalanan. Dengan begitu anda sebaiknya menggunakan material lantai yang berwarna gelap untuk lantai garasi atau carport rumah anda.

Itulah material dengan tekstur terbaik yang sesuai dengan kegunaan ruangan di rumah. Setelah anda mengetahui tekstur-tekstur lantai yang dibutuhkan untuk ruangan rumah anda. agar lebih maksimalkan pemilihan material anda menggunakan warna dan motif yang sesuai dengan gaya interior rumah anda.

MEIRIVE SELALU MENGGUNAKAN MATERIAL LANTAI BERKUALITAS YANG COCOK DENGAN FUNGSI RUANGAN

Sebagai kontraktor ternama dan terpercaya, Meirive tidak asal dengan memilih material yang akan digunakan untuk pekerjaan renovasi, konstruksi maupun interior. Karena Meirive sudah berpengalaman dalam industry konstruksi ini, maka kami sudah mengetahui apa-apa saja material yang dibutuhkan untuk ruangan tertentu. Kami sudah melalui banyak hal tentang penggunaan material, khususnya untuk lantai pada ruang hunian. Sejak menjadi kontraktor di bidang konstruksipun kami sudah banyak bekerja sama dengan produsen material yang terbaik dengan harga yang relatif murah, hal itupun kami lakukan demi menjaga kualitas produk dan pelayanan kami kepada customer.

, , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *