Juni 24, 2020

MATERIAL MDF SEBAGAI HIASAN INTERIOR RUMAH

Plafon MDF Customized by: Meirive

Artikel kali ini akan membahas tentang pengertian, kegunaan, keunggulan dan kelemahan dari material MDF.

Furniture yang terbuat dari kayu untuk menghias seisi rumah memang selalu menjadi favorit kebanyakan orang. Mungkin hal tersebut dikarenakan furniture yang terbuat dari material kayu memiliki ketahanan luar biasa untuk jangka waktu yang cukup lama. Terlebih lagi, furniture yang terbuat dari material kayu mudah dibentuk sedemikian rupa menyesuaikan gaya atau nuansa interior ruangan tertentu. Maka dari itu, jenis-jenis material berbahan kayu ini semakin bertambah mengikuti perkembangan zaman dan menyesuaikan permintaan pasar dari pada material berbahan kayu ini.

Seperti yang sering kita ketahui, material berbahan kayu ini ada banyak jenis dan tipe nya. Seperti kayu jati, kayu merbau, kayu kamper, kayu bengkirai, kayu kelapa, kayu meranti merah, kayu HDF, particle board dan lain sebagainya, yang mana semua material tersebut mempunyai kelebihan dan keunikan tertentu jika dimanfaatkan untuk furniture yang dapat menghiasi rumah anda.

Tetapi kali ini, pembahasan dalam artikel ini akan membahas tentang material berbahan kayu olahan yang disebut Kayu MDF. MDF merupakan kepanjangan dari Medium Density Fiberboard. Kayu MDF adalah material olahan yang dibuat dari bahan dasar serpihan kayu yang dipadatkan. Kayu MDF biasanya digunakan untuk membuat furniture sebagai alternative pengganti dari material Plywood. Alasan MDF yang menjadi alternative dari penggunaan material Plywood adalah karena biasanya Plywood memiliki permukaan yang mudah retak dan cukup kasar sehingga hasil dari pembuatan furniture kurang maksimal. Tidak seperti Plywood, Kayu MDF memiliki permukaan yang halus dan ikatan-ikatan partikel atau serpihan kayu yang dipadatkan memiliki kerekatan yang kuat, serta kayu MDF memiliki bobot yang ringan.

Berikut adalah poin-poin pembahasan mengenai material kayu MDF:

  • PROSES PEMBUATAN MDF



    Kayu MDF yang terbuat dari serpihan-serpihan kayu yang dipadatkan ini dibuat atau diproduksi oleh produsen dengan mengumpulkan potongan – potongan atau serpihan – serpihan kayu yang berdiameter kecil. Lalu serpihan – serpihan kayu tersebut dicuci hingga bersih, kemudian direbus dengan suhu tertentu sehingga teksturnya berubah menyerupai bubur kertas. Serpihan atau potongan – potongan kayu berdiameter kecil tersebut diberikan campuran lem dan juga lilin yang dicampur dan diaduk sehingga menjadi suatu adonan. Jika sudah diaduk dengan merata, maka adonan tersebut akan diberi tekanan atau dipress menggunakan mesin, yang mana mesin tersebut dapat memanaskan adonan guna dapat membentuk sebuah papan solid. Pada umumnya, kayu MDF ini dibentuk menjadi papan dengan ukuran standard yaitu, 1220 x 2440 milimeter dan ketebalan yang sangat beragam.

  • KEKUATAN MATERIAL MDF DIBANDING MATERIAL KAYU OLAHAN LAIN



    Jika dinilai dari kepadatannya, kayu MDF lebih diunggulkan dibanding kayu olahan lain seperti kayu HDF dan paricle board. Material kayu MDF lebih diunggulkan dari pada material kayu tersebut karena kayu MDF memiliki kepadatan medium sehingga tidak mudah patah, retak ataupun bengkok. Dari pertimbangan tersebutlah kayu MDF dinilai dapat menjadi material kayu yang banyak digunakan karena memiliki kepadatan medium yang terbilang cukup fleksibel untuk dikustomisasi dan juga dengan kepadatan medium tersebut dapat dipastikan ketahanan dari furniture berbahan kayu MDF akan bertahan untuk jangka waktu yang lama.

  • PEMANFAATAN MATERIAL MDF



    Kayu MDF seringkali ditemui menjadi material dasar untuk membuat furniture rumah. Pada rumah, biasanya ditemui lemari, meja, laci, kusen jendela, hingga hiasan plafon yang menggunakan material kayu MDF ini. Hal tersebut sering ditemui pada furniture rumah karena memang material kayu lebih mudah untuk dikustomisasi atau dibentuk sesuai selera. Kayu MDF juga memiliki kepadatan yang kuat serta kualitas ketahanan yang baik. Terlebih bobotnya yang ringan, menjadikan furniture berbahan kayu MDF ini dapat dengan mudah dipindah-pindahkan pada ruangan di rumah anda.

  • KELEBIHAN MATERIAL MDF



    Jika anda banyak menemukan furniture yang terbuat dari material kayu MDF, maka tidak diragukan bahwa material kayu MDF memiliki beberapa kelebihan atau keunggulan. Kelebihan atau keunggulan dari kayu tersebut adalah material kayu MDF memiliki permukaan yang lebih halus dan mengkilap. Jika ditambah dengan mengecat furniture bermaterial kayu MDF ini hasilnya akan terlihat cantik karena material kayu MDF tidak memiliki permukaan yang berlubang ataupun berpori-pori besar.
    Selain itu, material kayu MDF juga termasuk memiliki bobot yang ringan. Maka dari iru, material kayu MDF sangat cocok digunakan untuk membuat furniture seperti meja kantor dan rak atau cabinet. Jadi mudah dipindah-pindah tanpa bantuan banyak orang. Meskipun dengan bobot yang ringan, papan MDF tergolong kuat sehingga cocok dijadikan lemari berukuran besar juga.

  • KEKURANGAN DARI MATERIAL MDF



    Meskipun kayu MDF dirasa sangat sempurna dari segi ketahanan, bobot dan permukaan yang halus jika dibanding dengan material kayu olahan lain, hal tersebut tidak menutup kemungkinan jika material kayu MDF memiliki kekurangan atau kelemahan. Kekurangan dan kelemahan tersebut di antaranya adalah, karena material kayu MDF terbuat dari serpihan-serpihan kayu yang dipadatkan, maka hal tersebut dapat membuat material kayu MDF mudah menyerap air yang dapat membuat material tersebut mudah lapuk dan diserang jamur. Dengan begitu, furniture yang dibuat dari material kayu MDF ini hanya cocok diletakkan di tempat yang tidak lembap.
    Terlebih lagi, meski ketahanan dari kayu MDF memiliki daya tahan yang kuat, namun kayu MDF tidak bisa mengikat skrup dan paku seperti halnya kayu solid. Lalu kurang cocok juga jika menggunakan lem putih karena permukaannya yang halus yang dapat membuat lem tersebut tidak bekerja maksimal. Selain itu, meskipun material kayu MDF adalah material berbahan dasar kayu olahan, anda tidak mendapatkan motif kayu pada permukaannya sehingga kurang cocok jika ditempatkan di ruangan dengan gaya interior tradisional atau klasik.

Itulah poin – poin pembahsan mengenai material MDF.

Untuk anda yang ingin membuat furniture menggunakan MDF, perlu diingat untuk melapisi permukaannya dengan menggunakan biopolish agar tidak mudah rusak terkena air atau goresan benda lain.

MEIRIVE DENGAN JASA PENGADAAN INTERIOR MENGGUNAKAN MDF

Kami, Meirive sebagai kontraktor berbadan hukum yang bergerak di bidang konstruksi, renovasi dan juga pengadaan interior. Kami juga selalu berusaha untuk memuaskan semua customer yang menggunakan jasa kami sebagai kontraktor. Karena itu, hal kustomisasi material sampai menjadi barang yang siap digunakan sesuai selera customer. Tidak hanya itu, kami juga memilih material – material yang menyesuaikan untuk penggunaan barang jadi atau furniture tersebut. Kami tidak memproduksi barang atau furniture hanya dari material yang berkualitas saja, tentu juga dengan pertimbangan keunggulan – keunggulan atau kelemahan – kelemahan penggunaan material tersebut jika digunakan untuk situasi atau kondisi ruangan tertentu di rumah. Berikan kami kesempatan untuk mewujudkan interior rumah anda dengan produk yang memiliki mutu dan kualitas terjamin.

, , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *