Scroll to top

MUSIM HUJAN, PLAFON REMBES & BOCOR, PASTIKAN RUMAH ANTI BOCOR DENGAN TIPS BERIKUT

Artikel ini akan membahas tentang rumah anti bocor saat musim hujan.

Kuartal akhir kalender masehi adalah bulan-bulan yang dipenuhi dengan musim penghujan. Musim hujan akan segera tiba mengingat sekarang adalah bulan September. Maka dari itu anda harus sudah mempersiapkan segalanya agar rumah anda tidak bocor atau rembes ketika mesim penghujan mengguyur.

Kuncinya adalah ada di pekerjaan atap, agar atap tidak rembes atau bocor tidak mengganggu aktivitas yang kamu lakukan di dalam rumah. Hujan yang berturut-turut dengan intensitas atau curah hujan yang tinggi dapat membuat elemen rumah menjadi rusak sehingga terjadi kebocoran di dalam rumah. Namun dengan kekhawatiran akan kerusakan elemen rumah yang dapat mengakibatkan kebocoran tersebut, anda dapat mencegahnya dengan penggunaan material atau pelapis anti air. Material atau pelapis anti air itu antara lain papan GRC yang dapat anda gunakan sebagai plafon anti bocor.

BACA JUGA: GRC Board, Papan Serbaguna Untuk Rumah Anda

Ada berbagai jenis pelapis anti air. Pelapis anti air tersebut juga dapat anda gunakan untuk material di luar ruangan seperti pagar besi. Jika terkena air hujan terus menerus, pagar besi juga dapat mengalami kerusakan jika tidak dilindungi dengan pelapis yang baik. Pelapis yang baik untuk material besi adalah cat besi. Cat besi digunakan untuk melindungi besi dari karat atau korosi. Yang mana karat & korosi disebabkan oleh besi yang lembab karena terkena air. Maka jika anda menggunakan pelapis yang baik, pagar besi di rumah anda juga akan terlindungi dari karat & korosi tersebut, serta cat juga dapat mempercantik pagar besi anda.

BACA JUGA: CARA MEMILIH CAT PELAPIS MATERIAL BESI

Di musim peralihan dari musim panas ke musim penghujan ini memang terkadang tidak dapat kita prediksi dengan tepat. Terkadang kita sebagai penghuni rumah jadi tidak dapat mempersiapkan sesuatu di kala hujan besar dengan durasi yang cukup lama mengguyur wilayah tempat kita tinggal. Tetapi, pada artikel ini dengan harapan kita bisa meminimalisir kerugian – kerugian yang akan terjadi pada rumah kita ketika diguyur hujan secara terus – menerus. Berikut adalah hal – hal yang perlu dipersiapkan sebelum memasuki musim hujan untuk memastikan atap rumah terbebas dari bocor & rembes.

  1. MEMPERBAIKI ATAP YANG RUSAK

Untuk mengawali tips pada artikel ini, anda direkomendasikan untuk memeriksa kembali konidisi pada atap rumah dan pastikan tidak mengalami kerusakan ataupun pelapukan akibat usia yang dapat menyebabkan rembes ataupun bocor. Sebaiknya kondisi genteng pada atap rumah berada dalam kondisi yang prima, kokoh serta merekat secara kuat dan sempurna pada rangka agar tidak mudah lepas saat terkena angin dan curah hujan yang tinggi.

Genteng pada atap rumah dengan kondisi yang tidak baik, akan memberikan celah untuk air masuk dan membasahi plafon. Dengan air yang dapat membahasi plafon tersebutlah yang sering kita katakana bocor atau rembes. Jika ada kebocoran anda dapat menggunakan jasa kontraktor Jakarta untuk memeriksa sekaligus menganti atau merenovasi atap rumah & plafon rumah anda.

2. PERIKSA KONDISI PLAFON RUMAH

Selain genteng & atap rumah yang mengalami pelapukan sehingga tidak berfungsi maksimal, lembap & rusak juga bisa mengakibatkan rembes dan mengganggu kualitas udara yang tersebar di dalam ruangan. Plafon dengan bercak – bercak agak hitam atau kecoklatan biasanya menjadi pertanda plafon tersebut digenangi air, meskipun tidak bocor & rembes, kondisi tersebut menjadi indikasi atap rumah anda tidak berfungsi dengan maksimal. Maka dari itu, segera periksa kondisi plafon di rumah anda agar tidak mengalami rembes saat hujan deras mengguyur rumah anda dengan mengganti atau memperbaiki bagian – bagian yang telah rusak.

3. PERIKSA KEMIRINGAN ATAP

Selain rangka kayu yang kuat dan tidak rapuh, kemiringan atap juga harus diperhatikan agar dapat menangkal air hujan secara maksimal meskipun diguyur hujan dan angin kencang serta meminimalis terjadinya rembes & bocor.
Jika anda sudah memiliki rumah dengan kemiringan rangka kayu yang tidak ideal anda dapat menggunakan jasa kontraktor Jakarta untuk merenovasi rumah anda yang mana rangka rumah adalah pekerjaan sipil yang harus dikerjakan dengan pengawasan tenaga professional.
Sebab kemiringan atap yang ideal adalah tidak terlalu landai, yaitu sekitar 25 hingga kurang dari 40 derajat. Jika melebihi kemiringan tersebut, genteng berpotensi merosot sehingga bisa mengakibatkan rembes.

4. PASANG TALANG ATAP SECARA OPTIMAL

Tips berikutnya untuk menimilasir rembes dan bocor, anda dapat memilih ukuran dan bentuk talang air pada pinggiran atap yang haruslah menyesuaikan pada debit air. Selain itu, meminimalisir sambungan talang atap karena hal tersebut dapat berpotensi meningkatkan rembes dan juga bocor. Sesudah memastikan penyesuaian hal tersebut, anda dapat melakukan pembersihan talang atap secara berkala karena talang atap berpotensi untuk menahan tumpukan sampah, yang mana tumpukan sampah tersebut bisa menghambat saluran.

5. GUNAKAN PELAPIS ANTI BOCOR

Ada berbagai variasi pelapis anti bocor yang banyak tersedia di pasaran, namun yang paling umum digunakan adalah cat pelapis anti air. Cat pelapis anti air adalah perlindungan instan yang bisa anda gunakan untuk mengatasi rembes.

Agar menjamin tidak terjadinya rembes, pastikan anda memilih cat pelapis anti bocor dengan kualitas yang terbaik serta pastikan juga diaplikasikan dengan maksimal. Karena kedua hal tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan untuk mendapatkan rumah anti rembes & bocor saat musim hujan tiba.

6. SISTEM VENTILASI UDARA

Sistem ventilasi udara yang kurang baik menyebabkan atap rumah lebih cepat mengalami keropos dan rembes. Jika sirkulasi udara yang tidak optimal, kamu bisa menambahkan sebuah jendela pada sisi atap atau pada bagian bawah genting supaya kerangka atap tetap kering. Dengan ventilasi yang optimal, sirkulasi udara tetap lancar dan atap tidak terancam mengalami rembes dan juga bocor.

Itulah tips – tips yang dapat anda lakukan untuk menghindari rembes & bocor pada bangunan rumah saat musim hujan tiba. Lakukan pengecekan secara berkala dan lakukan perbaikan sesegera mungkin agar kerusakan yang terjadi tidak kian membesar.

MEIRIVE JASA KONTRAKTOR JAKARTA UNTUK PEKERJAAN SIPIL BANGUNAN RUMAH

Meirive menyediakan jasa kontraktor di bidang pekerjaan sipil untuk anda yang ingin merenovasi rumah atau sebagian dari elemen rumah anda yang tdak berfungsi secara optimal saat memasuki musim hujan. Kami dapat merenovasi struktur sipil tersebut karena kami memahami metode kerja yang baik. Kami sudah berpengalaman untuk membangun konstruksi sipil tersebut dan juga merenovasinya. Metode kerja yang baik dan pemakaian material terbaik pula dapat menjanjikan konstruksi bangunan rumah yang anda impikan. Karena kepuasaan customer yang sudah menggunakan dan mempercayai kami sebagai pelaksana kontraktor pekerjaan untuk bidang konstruksi, interior & renovasi.

Author avatar

Raghil

http://localhost/meirive
Saya adalah seorang digital marketer untuk Meirive. Di Meirive saya bertanggung jawab atas konten-konten website, konten sosial media, brand awareness serta portfolio perusahaan.

Related posts

Post a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Need Help?
Halo, ada yang bisa di bantu?