Agustus 4, 2020

PERBEDAAN FOYER & RUANG TAMU

Interior works by: Meirive

Artikel ini membahas tentang perbedaan foyer dan ruang tamu pada rumah.

Pada suatu konstruksi bangunan yang dinamakan rumah, biasanya terdapat beberapa ruangan yang memiliki fungsi tertentu sesuai kebutuhan penghuninya. Ruangan – ruangan yang ada pada rumah biasanya ada ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, ruang makan, kamar mandi, dapur, teras dan lain – lain, yang mana ruangan – ruangan tersebut dapat berbeda – beda dengan rumah lainnya. Hal tersebut terjadi karena tentu saja setiap penghuni rumah memiliki kebutuhan dan selera yang berbeda terkait pengadaan ruangan di dalam rumahnya.

Ruangan – ruangan tersebut tentu memiliki gaya interior yang menyesuaikan fungsi ruangannya

Baca juga: Keuntungan menggunakan jasa kontraktor Jakarta

Seperti pada sebuah kamar tidur, tentu anda menginginkan perabot dan juga furniture yang dapat mendukung kebutuhan anda untuk tidur dan beristirahat pada ruangan kamar tersebut. Hal ini juga berlaku pada ruangan – ruangan lainnya.

Namun pada kesempatan kali ini, artikel ini tidak terfokus pada pembahasan fungsi ruangan – ruangan yang ada di dalam rumah, tetapi akan membahas perbedaan mengenai foyer dan ruang tamu yang ada pada bangunan yang disebut rumah tinggal ataupun rumah huni.

Foyer itu sendiri adalah sebuah ruang transisi di dalam rumah yang berada di depan rumah, yang menjadi pembatas antara halaman depan rumah dengan sisi dalam rumah. Hal ini begitu penting karena banyak yang salah mengartikan foyer sebagai teras. Padahal teras tentu saja berada di depan rumah sedangkan foyer sudah pasti berada di dalam rumah. Yang mana pada konteks ini, foyer menjadi sebuah ruangan transisi ketika anda melewati teras terlebih dahulu, lalu foyer dan ruang di dalam rumah, (biasanya) ruang tamu. Untuk contoh lebih jelasnya, biasanya anda akan menemukan foyer di lobby atau hall pada sebuah gedung.

Memang keberadaan foyer di Indonesia mungkin masih terdengar asing. Karakter rumah hunian di Indonesia yang bermacam – macam membuat foyer jarang diaplikasikan pada sebuah hunian. Tetapi pada rumah hunian luar negeri anda akan mudah menemukan ruangan yang bernama foyer. Foyer juga biasanya akan anda temukan pada rumah – rumah yang berukuran luas.

Sedangkan ruang tamu yang sudah banyak diketahui masyarakat luas. sesuai dengan namanya, yaitu ruang tamu, maka ruangan ini adalah tempat untuk menerima tamu sekaligus untuk melakukan kegiatan berkomunikasi dengan orang dari luar rumah. Ruangan ini biasanya terdapat di bagian depan pada susunan denah sebuah bangunan rumah tinggal. Ruang tamu ini juga identic dengan furniture seperti sofa, meja maupun bangku untuk tamu.

Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan antara foyer dan ruang tamu, maka simak poin – poin pembahasan yang membedakan antara foyer & ruang tamu berikut ini:

  • TEMPAT DUDUK UNTUK MENAMPUNG TAMU



    Meskipun memang foyer terkadang menjadi ruang untuk menerima tamu. Namun foyer tidak digunakan untuk menerima tamu untuk waktu yang cukup lama. Karena memang fungsi foyer hanyalah untuk ruangan transisi. Maka dari itu foyer tidak bisa digunakan untuk waktu yang cukup lama.
    Hal ini berbeda jika berbicara perihal ruang tamu. Dari namanya, kita sudah mengetahui kalau ruangan satu ini memang digunakan untuk menampung tamu. Maka ruang tamu identic dengan sofa, bangku, kursi, meja atau furniture serta perabot lain yang dapat mendukung fungsi ruangan tersebut untuk menerima tamu yang datang berkungjung.
    Dari sini sudah jelas perbedaannya kalau foyer biasanya tidak memiliki tempat duduk untuk menerima tamu sedangkan ruang tamu sudah pasti memiliki spot untuk duduk – duduk sambil melakukan aktifitas tertentu dengan tamu yang datang.

  • PENGGUNAAN JENIS MEJA



    Selain perbedaan fungsi, foyer dan ruang tamu juga memiliki perbedaan dari penggunaan jenis meja. Pada foyer, biasanya menggunakan meja konsul. Meja konsul merupakan meja yang memiliki bentuk berbeda dari meja pada umumnya. Pada umumnya, segala jenis meja memiliki 4 buah kaki yang menopang permukaan dari bagian meja tersebut. Akan tetapi permukaan dari meja konsul akan ditopang dengan 2 buah corbel dan 2 buah kaki, sehingga bentuknya hapir menyerupai sebuah rak. Itulah yang dapat membedakan penggunaan meja antara ruang tamu dan foyer.

    BACA JUGA: JENIS-KJENIS MEJA YANG DIGUNAKAN DI RUMAH

    Sedangkan ruang tamu yang memiliki fungsi utama untuk menampung tamu dan menjadi tempat untuk melakukan aktifitas komunikasi dengan tamu, maka biasanya ruang tamu menggunakan meja kopi sebagai furniture pendukungnya. Penggunaan meja kopi itu juga bukan tanpa sebab, meja kopi digunakan pada ruang tamu karena, biasanya tuan rumah menyuguhkan makanan dan minuman untuk tamu yang berkunjung. dengan begitu meja kopi dengan model yang khas tersebut merupakan suatu pilihan yang tepat untuk meletakkan kudapan/makanan atau minuman yang sudah disuguhkan.
  • UKURANG RUANGAN



    Tidak sedikit juga yang beranggapan kalau foyer atau serambi merupakan ruang tamu kecil. Pada dasarnya, foyer atau serambi adalah ruangan yang sangat berbeda dengan ruang tamu. Begitu juga dengan teras. Foyer, ruang tamu dan teras memiliki perbedaan. Maka biasanya foyer merupakan ruangan kecil atau berbentuk lorong, hall atau koridor yang menjadi transisi dari bagian depan (luar rumah) hingga anda sampai ke ruang tamu itu sendiri. Dikarenkan pertimbangan penggunaannya, yang mana penggunaan ruangan foyer adalah untuk menerima tamu untuk waktu yang singkat, maka foyer memiliki luas area yang relative kecil jika dibandingkan dengan ruang tamu. Terlebih lagi, foyer biasanya akan banyak ditemukan pada bangunan rumah yang luas.
    Sedangkan ruang tamu sudah jelas memerlukan area ruangan yang relative luas. Area yang cukup luas tersebut selain diperuntukan untuk meletakkan perabot, sofa, meja atau bangku – bangku untuk menerima tamu, juga diperuntukan untuk memberikan keleluasaan pada saat menerima tamu yang cukup banyak.

Itulah perbedaan – perbedaan mendasar antara foyer dan ruang tamu yang ada di rumah. Jadi anda sudah dapat membedakan ketiga ruangan yang agak mirip yaitu, Foyer, Ruang Tamu dan Teras.

MEIRIVE MERUPAKAN KONTRAKTOR TERPERCAYA DI JAKARTA PADA BIDANG KONSTRUKSI DAN INTERIOR

Meirive yang sudah berperan menjadi general contractor terpercaya di Jakarta pada bidang konstruksi dan interior. Sebagai penyedia jasa kontraktor Jakarta yang memiliki spesialisasi di bidang konstruksi bangunan dan pengadaan interior, kami tidak memilih – milih dalam hal pekerjaan. Kami akan mengambil pekerjaan konstruksi, pengadaan interior, renovasi maupun custom furniture karena kami ingin menjadi penyedia jasa kontraktor di Jakarta dengan kesan professional dan terpercaya pada bidang tersebut. Suatu saat kesan professional, terpercaya dan berpengalaman sudah betul – betul melekat pada Meirive, maka kami akan mempertahankan atau lebih meningkatkan mutu pelayanan kami demi memberikan mutu pelayanan dalam melayani kebutuhan – kebutuhan customer kami dalam hal konstruksi, interior, renovasi ataupun custom furniture.

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *