April 2, 2020

PONDASI ATAU FONDASI?

Source: Google Image

Mana yang benar; FONDASI atau PONDASI?

Apa yang muncul di benak anda ketika mendengar padanan kata pondasi/fondasi? Mungkin anda lebih sering menyebut dan langsung paham ketika mendengar pondasi. Tetapi tahukah anda, sebenarnya kata pondasi itu bukan bahasa Indonesia yang baku. Kata pondasi tidak ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), melainkan yang baku adalah FONDASI.

Sejujurnya, memang padanan kata pondasi sudah sering dituturkan dan digunakan dalam bahasa sehari-hari serta banyak ditulis di mana-mana. Mungkin pondasi lebih menjadi pilihan bahasa tutur karena terkesan lebih mudah disebut dan dituturkan karena diawali huruf ‘P’, berbeda dengan Fondasi yang diawali dengan huruf ‘F’. Kata pondasi ini memang sebenarnya merupakan bahasa tutur yang benar. Mengapa benar? Karena kata pondasi dimengerti oleh komunikator dan juga dimengerti oleh orang yang menjadi komunikan. Dengan tolak ukur dapat dipahami, maka bahasa tersebut merupakan bahasa yang benar. Bahasa yang benar belum tentu menjadi bahasa yang baik.

Menurut KBBI, fondasi adalah dasar bangunan yang kuat, yang biasanya terdapat di bawah permukaan tanah tempat bangunan itu didirikan. Maka dari itu, kata fondasi yang dibakukan. Fondasi adalah merupakan serapan dari bahasa asing. Fondasi berasal dari kata fundamen, bukan pundamen. Jika lebih diteliti lagi, kata fondasi dan fundamen secara garis besar mempunyai arti yang sama, yaitu dasar dari pada sesuatu.

Pada bidang konstruksi terdapat 4 pekerjaan dan fondasi menjadi salah satu item pekerjaan dari jenis pekerjaan struktur. Mungkin sebelumnya anda dapat membaca artikel JENIS-JENIS PEKERJAAN YANG DIKERJAKAN OLEH KONTRAKTOR BIDANG KONSTRUKSI DAN INTERIOR. Pada bidang konstruksi, fondasi itu berarti dasar dari sebuah bangunan. Fondasi adalah suatu bagian dari bangunan yang berfungsi mendistribusikan atau membebankan beban banguann ke tanah, maka dari itu fondasi ditancapkan ke dasar tanah.

Pembuatan fondasi merupakan sebuah item pekerjaan yang fundamen pada bidang konstruksi. Mengapa fundamen? Karena jika fondasi yang dibuat tidak cukup kuat dan kokoh untuk menahan beban, maka sudah dapat dipastikan bangunan tersebut akan runtuh karena tidak kuat menanggung beban dari luar bangunan maupun beban dari bangunan itu sendiri.

Pembuatan fondasi adalah bagian dari pekerjaan struktur, untuk lebih lengkap mengenai pekerjaan struktur yang menjadi bagian dari pekerjaan yang dikerjakan kontraktor di bidang konstruksi & interior, maka anda dapat membaca artikel JENIS-JENIS PEKERJAAN YANG DIKERJAKAN OLEH KONTRAKTOR BIDANG KONSTRUKSI BANGUNAN & INTERIOR

Perencanaan dan penghitungan dalam membuat fondasi bangunan merupakan hal yang penting. Jika tidak dihitung dan direncanakan secara matang, maka risiko bangunan roboh dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya dapat terjadi ketika bangunan tersebut digunakan atau dihuni. Namun tidak hanya itu, risiko terjadinya bangunan roboh itu dapat disebabkan oleh banyak faktor. Di antaranya adalah jenis fondasi yang digunakan harus cocok untuk keperluan bangunan yang akan dibangun, kualitas material yang digunakan untuk membuat fondasi tersebut, metode atau cara pembuatan fondasi tersebut. Ketiga hal tersebut dapat menjadi faktor utama yang dapat menentukan kuat atau tidaknya fondasi dalam suatu konstruksi dapat kuat dan kokoh menahan beban bangunan.

Agar fondasi dapat menopang beban bangunan dengan kuat dan kokoh, maka berikut ini adalah tipe beserta jenis-jenis fondasi yang cocok digunakan untuk membangun rumah pada bidang tanah tertentu, di antaranya:

TIPE FONDASI DALAM

  • FONDASI PIERS

    Pada prinsipnya, fondasi piers merupakan jenis fondasi yang berfungsi meneruskan beban berat struktur bangunan. Untuk meneruskan beban berat tersebut dilakukan dengan cara menggali tanah sampai cukup dalam sesuai dengan penghitungan matematis yang dilakukan, kemudian pembuatan fondasi ini dipasang ke dalam tanah yang sudah digali tersebut.
    Biasanya, pembuatan fondasi piers menggunakan beton bertulang pre cast. Oleh sebab itu, perencanaan jenis fondasi piers dan balok beton diafragma menyesuaikan tiap-tiap ukuran ketinggian fondasi yang sudah ditencanakan. Fondasi piers memiliki harga yang relative murah jika dikomparasikan dengan jenis fondasi rumah menerus.

  • FONDASI TIANG PANCANG

    Fondasi tiang pancang juga sering digunakan untuk bangunan rumah. Jenis fondasi tiang pancang atau pile foundation ini merupakan suatu pemasangan fondasi yang berguna untuk mampu menerima dan menyalurkan beban struktur bangunan atas ke tanah penunjang yang terletak pada galian yang mempunyai kedalaman tertentu sesuai perencanaan. Tiang ini berbentuk panjang, langsing yang menyalurkan beban ke tanah yang lebih dalam.
    Fondasi tiang pancang biasanya menggunakan material utama yaitu, kayu, baja dan beton. Cara pemasangannya adalah dibor, dipukul atau didongkrak ke dalam tanah dan langsung dihubungkan dengan pile cap. Namun pemasangan fondasi ini tergantung pada tipe tanah, material dan juga karakteristik penyebaran beban ke fondasi tiang pancang atau pile foundation tersebut. Kelebihan menggunakan fondasi ini adalah kita dapat menggunakan kualitas beton yang terjamin karena diproduksi oleh sistem pabrikasi yang terjamin dan presisi.

  • FONDASI BORED PILE

    Fondasi bore pile masih termasuk pada tipe fondasi dalam. Fondasi bored pile berbentuk tabung yang berfungsi menyalurkan beban struktur bangunan dari permukaan tanah sampai lapisan tanah terkeras paling bawah. Sama seperti fondasi yang termasuk pada tipe fondasi dalam lainnya, namun yang berbeda adalah cara pemasangannya.  Pada prinsipnya, Fondasi Bored Pile, yang biasa disebut bor pile ini digunakan ketika level tanah dipermukaan tidak cukup kuat untuk menahan beban bangunan secara keseluruhan, sehingga diperlukan media tambahan untuk menahan beban bangunan tersebut.
    Keunggulan dari fondasi ini antara lain, pemasangan tiang bor dapat menembus bebatauan yang ada pada bidang tanah dan juga pengerjaan pemasangannya tidak menimbulkan gangguan suara dan getaran yang bisa membahayakan lingkungan serta bangunan yang ada di sekitar.

TIPE FONDASI DANGKAL

  • FONDASI RUMAH RAKIT

    Fondasi rumah rakit atau raft foundation adalah pelat beton yang dirakit berbentuk melebar ke seluruh bagian dari dasar bangunan yang akan dibangun. Pada prinsipnya, fondasi rumah rakit ini digunakan untuk menopang beban di lahan atau area yang luas supaya beban dari bangunan tersebut dapat terbagi dengan merata. Biasanya fondasi ini menggunakan material pelat beton bertulang yang diaplikasikan ke tanah yang lunak yang mempunyai daya tahan rendah.
    Keunggulan dari menggunakan fondasi rumah rakit adalah dapat diterapkan ke lahan tanah dengan kondisi tanah yang lunak ataupun pada bangunan yang memiliki jarak kolom yang dekat dengan semua arah. Dengan begitu, jika menggunakan fondasi ini, sisinya akan saling berhimpit satu sama lainnya.

  • FONDASI STRAUSS PILE

    Fondasi Strauss Pile adalah jenis fondasi yang digunakan pada struktur bangunan yang memiliki beban tidak terlalu berat. Maka fondasi ini sering digunakan untuk rumah tinggal yang mempunyai struktur tidak terlalu berat dan rumit seperti gedung dan lainnya. Fondasi ini dibuat dengan cara mengebor dan menggali tanah secara manual.
    Meskipun fondasi ini sangat cocok untuk bangunan rumah tinggal dengan maksimal 3 lantai, akan tetapi kekurangan dari fondasi ini adalah batas kedalamannya yang hanya sampai 4 s/d 10 meter dengan diameter 20 s/d 30cm.

  • FONDASI SUMURAN

    Fondasi sumuran atau cyclop beton adalah fondasi berbentuk bulat yang menggunakan beton dengan lebar 60 s/d 80cm pada kedalaman 1 s/d 2 meter galian tanah. Material dari fondasi ini adalah menggunakan beton dan batu belah sebagai pengisinya.
    Keunggulan dari jenis fondasi ini adalah dari aspek jarak lokasi bangunan; jika lokasi pembangunan proyek konstruksi terlalu jauh dan tidak memungkinkan untuk mendatangkan material tiang pancang, maka jenis fonasi sumuran adalah pilihan yang tepat untuk fondasi konstruksi bangunan anda.

  • FONDASI PELAT BETON LAJUR

    Fondasi pelat beton lajur pada prinsipnya digunakan apabila luas permukaan yang menggunakan fondasi pelat setempat terlalu besar. Ketika luas permukaan itu terlalu besar, maka permukaan tersebut dibagi dengan cara memanjangkan lajur agar tidak terlalu melebar dan meluas.
    Fondasi ini hampir sama dengan jenis fondasi rumah tapak, Penggunaan pada bangunan bertingkat lebih memungkinkan dibanding fondasi batu belah sebagai penopang beban vertical dan horizontal.
    Keunggulan jenis fondasi pelat beton lajur adalah fondasi ini relative murah dan dapat menahan gempa bumi, angin, atau ledakan. Sangat cocok untuk fondasi rumah tinggal anda.

  • FONDASI RUMAH TIKAR

    Fondasi ini digunakan untuk menyalurkan beban dari struktur bangunan dari area yang lebih luas. Biasanya digunakan jika kondisi beban structural lain berdekatan dengan fondasi bangunan.
    Keunggulan dari menggunakan fondasi rumah tikar ini adalah kemampuan fondasi ini untuk mengurangi penurunan setempat dengan struktur beton yang digunakan untuk menyeimbangkan gerakan berbeda antara posisi beban dan cocok digunakan pada kondisi tanah yang lunak atau longgar.

  • FONDASI RUMAH TAPAK

    Jenis fondasi ini menggunakan material beton bertulang dan dipasang tepat berada di bawah kolom struktur bangunan. Tiang dan kedalaman fondasi ini yang sampai pada kedalaman tanah yang keras dan kuat yang cocok untuk konstruksi bangunan tinggi yang didirikan di area atau lahan tanah yang lunak.
    Keunggulan dari fondasi rumah tapak adalah harganya yang relative murah dan juga galian tanah yang dilakukan lebih dangkal untuk bangunan bertingkat. Fondasi rumah tapak dinilai lebih unggul dari jenis fondasi rumah batu belah/kali.

  • FONDASI RUMAH UMPAK

    Terakhir adalah fondasi rumah umpak. Fondasi rumah umpak termasuk pada kategori fondasi dangkal dikarenakan jenis fondasi ini dipasang di atas tanah yang keras dan padat. Dengan menopang beban struktur bangunan oleh batu kali yang ada di dalam tanah.
    Keunggulan dari fondasi ini adalah fondasi ini tahan terhadap guncangan karena prinsipnya fondasi ini menyelaraskan bangunan dengan guncangan yang ada sehingga tiang bangunan tidak terganggu meskipun terkena gempa.

Itulah penjelasan mengenai kata fondasi dan pondasi serta jenis-jenis dan keunggulan fondasi yang biasa digunakan pada konstruksi bangunan.

MEIRIVE SELALU MEMBUAT FONDASI YANG COCOK DENGAN BANGUNAN TERTENTU SESUAI PENGHITUNGAN DAN PERENCANAAN YANG PRESISI

Penggunaan fondasi pada suatu bangunan adalah hal yang krusial. Karena tanpa fondasi yang kokoh dan material yang berkualitas, maka bangunan tersebut tidak layak untuk dihuni dan digunakan. Dengan jaminan material yang berkualitas serta perencanaan pembangunan proyek konstruksi beserta fondasi yang kokoh akan selalu menjadi bagian terpenting dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kami. Karena fondasi yang kokoh akan menjadi dasar yang fundamental untuk pekerjaan kami dan terpenting untuk bangunan yang sesuai keinginan dan kebutuhan anda. Fondasi kokoh serta bangunan berkualitas itu pasti dan juga jaminan garansi yang kami beri.

Referensi:

Fondasi (Arsitektur)
Kata fondasi atau pondasi yang baku menurut KBBI
Mau Bangun Rumah? Ini 10 Jenis Pondasi Rumah yang Harus Kamu Tahu!
10 Jenis Pondasi Rumah Yang Bagus & Kokoh Untuk Membangun Hunian
Mengenal Jenis-Jenis Pondasi Bangunan
6 Jenis Pondasi Bangunan Yang Perlu Anda Ketahui Beserta Material Yang Cocok Untuk Digunakan
Pondasi Dalam
Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan Pondasi Tiang Bor atau Bored Pile
Jenis-Jenis Pondasi Berdasarkan Kedalamannya

, , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *